Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Beberapa Gejala Rematik Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Gejala Rematik Yang Perlu Anda Ketahui – Rematik adalah penyakit yang menyebabkan nyeri atau pegal-pegal pada anggota gerak terutama pada sendi. Ada banyak penyakit yang termasuk dalam penyakit rematik seperti Rheumatoid arthritis (RA), Osteoarthritis (OA), Lupus, dan lain-lain. Gejala rematik akan berbeda tergantung penyakit mana yang menyerang.

Kali ini kami akan mengulas tentang gejala rematik pada salah satu jenis yang paling umum, yaitu Rheumatoid arthritis (RA). Penyakit rematik jenis ini ditandai dengan peradangan sebagian besar sendi yang utama pada tubuh. Rematik bukanlah penyakit genetik, jadi siapa saja bisa terkena tidak memandang kelompok dan umur. Meski seringkali terjadi pada usia antara 30 – 60 tahun dan wanita lebih sering terkena dibanding laki-laki.

Gejala Rematik Tahap Awal

– Sendi kaku di pagi hari.
Kekakuan sendi yang terutama muncul di pagi hari adalah gejala utama rematik pada sebagian besar pasien RA. Sendi yang paling sering terlibat adalah kedua pergelangan dan jari-jari tangan, pergelangan kaki, sendi bahu, dan lutut. Semakin siang rasa akan semakin berkurang.

– Sendi Bengkak.
Pembengkakan sendi adalah hal yang umum pada respon inflamasi akut, termasuk peradangan sendi pada rematik jenis ini yang sering menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

– Kelalahan.
Badan akan terasa sangat lelah, walaupun hanya sedikit bekerja.

– Demam Ringan.
Gejala rematik tidak selalu ada yaitu demam ringan. Pada demam tinggi dengan suhu di atas 38° C / 100° F dapat menjadi petunjuk sebagai peringatan adanya penyakit lain seperti infeksi sendi dan infeksi lainnya.

– Mati Rasa dan Kesemutan.
Tendon yang meradang dan membengkam dan mengakibatkan terhimpitnya saraf sekitar yang dapat mengarah ke mati rasa, terbakar atau rasa kesemutan di tangan, yang juga disebut carpal tunnel syndrome.

Gejala Rematik Yang Serius

– Nyeri Dada.
Gejala ini terjadi ketika adanya serangan jantung, karena risiko jantung dan serangan jantung akan meningkat pada penderita.

– Kaki dan Tangan sulit digerakkan.
Meski jarang, tapi hal ini bisa terjadi ketika rematik berlanjut menjadi parah dan mempengaruhi saraf.

– Bintik-bintik Merah.
Gejala ini juga jarang terjadi. Saat terjadi peradangan pembuluh darah kecil terjadi, maka jaringan mengalami kerusakan yang ditandai dengan munculnya bintik hitam atau merah kecil baik di kulit atau di sekitar kuku. Jika ini muncul menandakan bahwa penyakit rematik sudah parah.

– Gangguan pada mata.
Rheumatoid arthritis juga mempengaruhi pembuluh darah di dalam mata. Hal ini terjadi terutama pada orang dengan penyakit lanjut.

– Gangguan Lambung.
Gejala ini bukan gejala rematik murni, melainkan masalah yang berhubungan dengan penggunaan obat anti-inflamasi non steroid seperti ibuprofen atau naproxen untuk pengobatan rematik yang menyebabkan efek samping pada lambung. Jika lambung terganggu, maka akan ditandai dengan nyeri di perut. Jika lambung terganggu, maka akan ditandai dengan nyeri di perut, mual atau muntah berdarah dan buang air besar berdarah dengan tinja berwarna hitam.

Baca Juga : Pengobatan Rematik Secara Tradisional

Itulah beberapa gejala rematik yang perlu anda ketahui dari tahap awal dan pada gejala yang serius, maka jangan sepelekan rematik yang anda derita, segera periksakan ke dokter atau obati dengan obat herbal seperti QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti ampuh dan sudah mendapatkan izin resmi dari BPOM Indonesia 🙂

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda, terutama bagi anda yang sedang menderita rematik 🙂 . Terima kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *