Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Cara Mengatasi Anemia Secara Tradisional

Cara Mengatasi Anemia Secara Tradisional – Anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin kurang dari normal, yaitu 10-12 g/dl. Anemia ini apabila tidak segera di tangani akan menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kita tau bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan digunakan untuk metabolisme tubuh.

Jika seseorang dalam keadaan sanemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian. Oleh karena itu anemia perlu segera ditangani untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya anemia. Anda harus tahu faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya anemia, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit ini. Seperti kata pepatah “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”.

Penyebab Terjadinya Anemia

Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya Anemia, diantaranya sebagai berikut :

1. Hamil atau Mengandung
Saat kondisi hamil, jantung ibu akan memberikan sirkulasi peredaran darah untuk ibu dan janin. Oleh karena itu, tubuh berkompensasi untuk menambah volume darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar Hb menjadi turun sehingga terjadi anemia.

2. Pendarahan
Pendarahan yang terus menerus dan tidak segera dihentikan akan menyebabkan volume darah menjadi banyak yang hilang. Hal ini juga menyebabkan kadar Hb menurun sehingga menimbulkan anemia. Wanita yang berada di usia subur juga beresiko terkena anemia karena setiap satu bulan sekali mendapatkan menstruasi.

3. Penyakit
Penyakit seperti thalasemia juga dapat mengakibatkan anemia, talasemia merupakan penyakit kelainan darah di mana produksi hemoglobin sangat sedikit.

Itulah salah satu Penyebab yang dapat mengakibatkan Anemia.

Gejala-gejala Anemia

Ada beberapa gejala anemia yang harus anda ketahui agar dapat mengenali secara dini penyakit anemia Ini. Tanda danย  Gejala tersebut adalah seperti dibawah ini :

  • Mudah lelah
  • Lemah
  • Letih
  • Lesu
  • Pucat
  • Sering mengantuk
  • Konjungtiva terlihat pucat, cara untuk memeriksa nya adalah dengan menekan kebawah kelopak mata sehingga terlihat bagian dalam, jika warnanya pucat kemungkinan besar anda menderita anemia.

Cara Mengatasi Anemia Secara Tradisional

Untuk cara mengatasi anemia, kami mempunyai beberapa solusi untuk mengatasinya, diantaranya adalah :

1. Cara Mengatasi Anemia Dengan Sayuran

Tingkatkan konsumsi sayuran hijau terutama sayuran yang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Contoh sayuran yang mengandung banyak zat besi diantaranya bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis. Tapi anda juga harus berhati-hati karena mengkonsumsi brokoli atau kol dalam jumlah banyak dapat menyeabbkan kembung.

2. Cara Mengatasi Anemia Dengan Buah-buahan

Selain dengan meningkatkan asupan sayuran, anda juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain adalah apel, anggur, semangka, aprikot, kismis dan buah pulm.

3. Cara Mengatasi Anemia Dengan Daging dan Seafood

Daging dan Seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

4. Cara Mengatasi Anemia Dengan Daun Bawang Merah

Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari agar anemia dapat segera sembuh.

5. Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, perhatikan gizi seimbang. Makan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan secara rutin, jika perlu asam folat dan tablet tambah darah mungkin diperlukan.

Itulah sedikit penjelasan dari kami tentang Cara Mengatasi Anemia Secara Tradisional. Jangan sampai kondisi tubuh anda menjadi drop hanya karena anemia, sayangi tubuh anda karena sehat itu mahal ๐Ÿ™‚

Terima kasih semoga bermanfaat dan Lekas Sembuh ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *