Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tradisional

Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tradisional – Apakah anda pernah mengalami timbulnya nanah di permukaan kulit ? Bisa jadi itu adalah bisul. Dan apakah yang namanya bisul itu ? Simak penjelasannya dibawah ini 🙂 .

Bisul adalah sebuah penyakit infeksi pada jaringan kulit yang disebabkan oleh bakteri. Akibat infeksi tersebut, kulit akan mengalami pembengkakan serta peradangan yang disertai dengan mengumpulnya nanah dan darah di bawah kulit. Penderita bisul biasanya akan merasakan sakit yang luar biasa ketika bisul bertambah besar. Bisul biasanya disebabkan oleh infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Meskipun rasanya menyakitkan dan tidak enak dipandang, bisul bukan masalah yang serius dan dapat diobati secara efektif di rumah.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tradisional

Berikut ini adalah cara mengobati bisul secara alami tradisional yang harus anda ketahui :

1. Bawang Putih
Yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memang dipercaya oleh masyarakat Indonesia ejak jaman dulu. Kepercayaan ini tentu akan bertahan sampai sekarang jika memang benar-benar ampuh dan mujarab. Dan memang benar, setelah diteliti bawang putih memang dapat digunakan untuk menghentikan laju pertumbuhan bakteri pada bisul.

Selain itu, zat yang terkandung pada bawang putih juga mampu mencegah infeksi yang bisa saja terjadi akibat peradangan yang disebabkan oleh baktri. Sehingga bawang putih sangat ampuh untuk dijadikan antibiotik pada bisul. Cara menggunakan bahan ini adalah dengan menghaluskan bawang putih dan ubarkan pada daerah kulit yang terkena bisul secara teratur. Selain untuk bisul, bawang putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

2. Daun Sirih
Daun sirih diketahui mempunyai kandungan antibakteri yang sangat baik untuk mengobati bisul. Daun sirih ini bisa digunakan ketika bisul masih dalam keadaan kecil (belum pecah) ataupun setelah pecah. Tujuannya adalah untuk menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak memperparah bisul.

Caranya adalah haluskan beberapa lembar daun sirih lalu kemudain balurkan pada daerah yang terkena bisul. Untuk hasil yang lebih maksimal, daun sirih yang telah dihaluskan bisa diikat pada kain kasa ke bisul dan biarkan selama beberapa menit.

3. Daun Singkong Tua
Daun singkong selain enak untuk dikonsumsi ternyata juga bisa digunakan untuk obat bisul. Untuk membuat obat bisul dari daun singkong ini adalah dengan cara merebus daun singkong yang sudah tua dengan air. Setelah mendidih, biarkan daun singkong selama beberapa saat. Jika cara ini dilakukan setiap hari, maka bisul akan mengempis dengan sendirinya.

4. Daun Ubi Jalar
Daun ubi jalar memiliki kemampuan untuk melawan bakteri penyebab infeksi sehingga bisul akan cepat mengempis. Untuk membuat ramuan obat ini, anda hanya perlu membakar daun ubi jalar sampai layu, tapi jangan sampai gosong. Setelah itu bisa didiamkan sampai hangat dan letakkan pada bisul.

5. Kunyit
Kunyit adalah pembersih darah yang alami. Kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi yang berguna untuk pengobatan bisul. Caranya : Siapkan segelas air hangat, campur dengan satu sendok kunyit bubuk. Lalu minum campuran herbal ini tiga kali dalam sehari. Kunyit bisa juga dicampur dengan wedang jahe.

6. Susu
Selain untuk kesehatan, susu juga bisa mengatasi bisul. Caranya : Panaskan setengah gelas air dan susu, lalu tambahkan tiga sendok teh garam di dalamnya. Aduk campuran secara menyeluruh sampai mendidih. Lalu oleskan campuran tersebut langsung pada bisul anda. Untuk hasil yang maksimal, ulangi proses ini untuk beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga : Obat Herbal Penghilang Bisul Tanpa Efek Samping

7. Jinten Hitam
Jinten hitam adalah salah satu penyembuhan alami untuk berbagai jenis infeksi kulit yang termasuk bisul. Jinten hitam dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh bisul. Caranya adalah ambil beberapa jinten hitam lalu giling sampai halus, campurkan sedikit air, lalu olsekan campuran jinten itu ke daerah yang terkena bisul.

8. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat digunakan untuk membersihkan infeksi dari bisul. Caranya adalah dengan celupkan bola kapas ke dalam cuka sari apel dan tekan lembut pada bisul. Jika terasa sangat perih, anda bisa mencampur sedikit air. Lakukan proses ini agar terhindar dari infeksi yang ditimbulkan oleh bisul.

9. Kentang
Kentang kaya akan vitamin B Kompleks, vitamin C serta mengandung zat besi, kalsium, mangan, magnesium,dan fosfor. Kentang juga memiliki tanin, flavonoid, dan alkaloid yang membuat mereka bermanfaat bagi kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Sifat alkali pada kentang merupakan antiseptik dan memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan bisul. Caranya adalah Parut kentang mentah dan perasa sari buahnya. lalu gunakan bola kapas, oleskan ke bisul. Ulangi 4-5 kali sehari. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa meletakkan irisan kentang ke bisul anda lalu tutup dengan kain sebelum anda tidur, biarkan semalaman.

10. Kompres Dengan Air Hangat dan Garam
Cara yang terakhir adalah dengan cara mengompres pada bagian bisul dengan menggunakan air hangat dan garam. Mengompres bisul dapat mempercepat proses pelunakan dan pengeluaran mata bisul. Caranya adalah dengan cara: siapkan air hangat dan tambahkan garam secukupnya. Kompres bisul menggunakan kain lembut atau kapas, secara berulang-ulang. Cara ini juga mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah naik ke permukaan.

Dikarenakan bisul adalah penyakit dari dalam yang disebabkan oleh bakteri yang masuk lewat pori-pori kulit, maka pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia dapat dikatakan kurang cocok. Jadi , obat herbal yang sudah kami rangkum diatas dapat dijadikan solusi sebagai obat herbal bisul yang ampuh.

Demikian artikel yang kami sampaikan tentang Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tradisional. Semoga bermanfaat untuk anda . Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *