Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Ciri-Ciri dan Penyebab Gizi Buruk Pada Anak

Ciri-Ciri dan Penyebab Gizi Buruk Pada Anak

Gizi buruk merupakan kondisi seseorang yang didalam tubuhnya tidak mendapatkan asupan gizi atau nutrisi yang memadai. Nutrisi yang dimaksud dapat berupa protein, karbohidrat, dan kalori. Di Insonesia sendiri, kasus KEP (Kurang Energi Protein) merupakan salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai.

Akhir-akhir ini, tidak sedikit balita yang mengalami gizi buruk di beberapa tempat. Bahkan, tidak jarang juga ditemukan kasus kematian balita akibat masalah gizi buruk yang kurang diperhatikan. Kondisi balita yang kekurangan gizi sungguh sangat disayangkan. Pasalnya, pertumbuhan dan perkembangan serta kecerdasannya dipengaruhi oleh gizi. Kondisi gizi buruk tidak selalu berkaitan dengan kemiskinan danketidak sediaan pangan, namun walaupun begitu, kemiskinan dan kemalasang tidak di pungkiri memang merupakan faktor yang sering menjadi penyabab gizi buruk pada anak.

Selain itu, faktor pengasuhan anak juga bisa menentukan. Anak yang diasuh oleh ibunya sendiri dengan penuh kasih sayang, kesadaran tinggi akan pentingnya nutrisi dan ASI, serta selalu memperhatikan kesehatan, apalagi pendidikan, maka anaknya tidak akan mengalami gizi yang buruk. Sedangkan, fenomena yang ada saat ini, kebanyakan anak dipisahkan jauh dari ibunya dengan berbagai alasan. Dan menyerahkan kepengasuhan anak kepada orang yang kurang memperhatikan nutrisi dan kesehatan anaknya. Jika kondisi yang terjadi seperti ini, besar kemungkinan anak akan mengalami gizi yang buruk. Maka dari itu, para orangtua, khususnya ibu, hendaknya tetap memperhatikannutrisi dan kesehatan anaknya di tengah kesibukan mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Penggunaan Smartphone Berlebih Sebabkan Mata Anak Juling

Ciri-ciri seseorang yang mengalami gizi buruk bukan hanya terlihat dari tampilan fisik yang nampak kering dan kurus dengan wajah yang kusam dan terlihat lebih tua dari usianya saja, namun juga dapat dilihat dari hal lain, diantaranya :

  • Mengalami anemia
  • Terserang diare yang berkepanjangan
  • Pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan, tinggi tubuh lambat
  • Mudah terserang penyakit atau tubuh mudah sakit
  • Memiliki kondisi rambut yang tidak sehat, misalnya rambut memerah bercabang, kering, dan kusam
  • Jika gizi buruk menyerang pada bayi, maka ia akan sering menangis dan rewel karena tubuhnya merasa tidak nyaman
  • Karena asupan mieral, vitamin dan protein yang tidak memadai, maka otot-otot di sekitar jaringan kulit akan mengecil dan mengalami penyusutan
  • Warna kulit pucat dan kusam, bahkan ada yang ke arah warna kehitaman dan kebiruan. Kulit yang kurang asupan gizi dapat mengalami banyak sisik, kering, mengerut dan bisa mengalami pengelupasan dengan sendirinya karena sel kulit tidak memiliki sel kolagen yang baik dan minyak alami kulit yang telah habis
  • Terjadi pembengkaka di sekitar wajah yang ukurannya tidak seimbang dengan tubuh (lebih besar)
  • Kulit mudah terkena infeksi dan peradangan ketika ada luka. Hal tersebut disebabakn karena daya tahan tubuh menurun
  • Wajah tampakkusam, kering, dan lebih tua dari usia yang sebenarnya, karena kolagen yang ada dibawah kulit berkurangkan sedangkan jumlah minyak alami yang ada pada kulit menurun
  • Jaringan pada lemak yang ada pada bawah kulit tidak terlihat, karena kurangnya asupan mineral dan vitamin B kompleks serta kurangnya asupan lemak tak jenuh pada tubuh
  • Tumbuh kerutan halus pada bagian wajah, leher, dan jaringan permukaan kulit

Tips Mencegah Gizi Buruk Pada Anak

Tips mencegah gizi buruk pada anak-anak lebih mudah diterapkan melalui pemberian buah-buahan secara teratur yang dikombinasikan dengan sayur-sayuran secara langsung, misalnya dengan membuat jus. Jika si kecil enggan untuk mengonsumsinya, maka pemberian suplemen makanan sangat dianjurkan.

Nah, jika bunda ingin tetap memberikan buah atau sayura secara langsung, maka bunda bisa memodifikasi menu sayur dan buah menjadi beberapa menu makanan seperti berikut ini :

Ciri-Ciri dan Penyebab Gizi Buruk Pada Anak

  • Bunda bisa mengkombinasikan buah strawberry dan brokoli yang telah dikukus dan diblender dengan susu. maka cita rasanya akan semakin lezat dan bernutrisi tinggi, sangat baik untuk kesehatan tubuh anak-anak yang masik ada dalam masa pertumbuhan.
  • Buah mangga manis dan bebrapa daun bayam yang telah di rebus kemudian diblender dan ditambahkan susu maka dapat menghasilkan nutrisi yang sangat baik bagi anak-anak yang mengalami kelelahan, anemia, dan untuk pemenuhuan vitamin A dan C.
  • Buah naga dan perasan air wortel yang dihaluskan bersama lalu tambahkan yoghurt atau madu, maka tubuh anak-anak akan terhindar dari kadar gula yang meningkat dalam darah dan memperbaiki jaringan mata mereka agar tetap sehat.
  • Buatlah agar-agar yang berbahan dasar dari rumput laut yang diaduk dalam air panas atau mendidih lalu campurkan irisan buah nanas atau melon dan tambahkan susu serta madu kemudian simpan pada lemari es selama 30 menit. Maka agar-agar tersebut akan disukai anak-anak karena selain memiliki rasa yang lezat, aroma yang nikmat, warna yang menggoda tetapi mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh anak dari serangan radikal bebas.
  • Buatlah susu yang dicampur dengan kedelai rebus yang telah diambil sarinya lalu tambahkan irisan kecil-kecil dari buah naga merah atau melon. Rasanya sangatlah nikmat dan cukup baik untuk pemenuhan vitamin, mineral, zat besi dan protein yang cukup untuk gizi harian anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *