Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Daftar Makanan yang Boleh Di Makan Penderita Maag

khasiatobattradisional.com,- Maag merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Sakit maag adalah penyakit yang mengerang pada lambung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lambung. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit maag, namun umumnya berkisar dari infeksi bakteri, alkoholisme, luka traumatis, dan penggunaan obat pereda rasa sakit yang berlebihan.

Penyakit maag lebih sering terjadi padar ornag-orang yang sedang mengalami stress, telat makan dan memiliki pola makan yang buruk.  Dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat, maka rasa nyeri dapat dikuarngi. Maka dari itu, mengetahui daftar makanan yang boleh dimakan penderita maag sangat penting.

Daftar Makanan yang Boleh Di Makan Penderita Maag yang Perlu Diketahui

Daftar Makanan yang Boleh Di Makan Penderita Maag

Selain mengobati maag, penderita juga harus mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat untuk mengurangi peradangan dan meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Berikut ini beberapa daftar makanan yang boleh di makan penderita maag :

Sayuran

Sayur mengandungnutrisi yang penting bagi tubuh dan dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Penderita maag perlu mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi sayuran setiap harinya. Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena beberapa jenis sayuran justru memproduksi gas, sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan di perut. Cobalah beragam jenis sayuran dan tentukan mana yang harus dihindari, seperti jus sayuran, paprika, cabai, bawang merah, bawang putih, dan produk olahan tomat yang menjadi penyebab paling sering menimbulkan masalah pada perut.

Buah-buahan

Selain sayuran, buah juga merupakan makanan yang boleh dimakan penderita maag. Buah memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, fitokimia, serta antioksidan yang perlukan oleh tubuh. Jika Anda termasuk penderita maag, konsumsilah 2-4 porsi buah per hari. Pilihan buah yang baik untuk penderita maah, diantaranya seperti apel, pisang, persik, pir, anggur, melon, dan kiwi. Namun, Anda juga harus mengetahui beberapa jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya dihindari, seperti jeruk, buah ara, buah berik, dan buah-buahan yang dikeringkan. Pasalnya, buah-buahan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan iritasi lambung.

Baca Juga : Pengobatan Tradisional Penyakit Asam Lambung

Daging

Umumnya jenis daging merah, daging unggas, dan ikan dapat ditoleransi dengan baik, walapun Anda menderita sakit maag. Pilihan daging yang baik bagi penderita maag yaitu daging tanpa lemak, daging yang lembut, daging unggas tanpa kulit, seafoood, ikan, dan kerang. Jika Anda ingin menghindari konsumsi daging, Anda juga bisa menggantinya dengan produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe. Hindari cara pengolahan yang digoreng atau dibumbui pedas. Namun, bagi penderita maag, cara pengolahan daging dengan di panggang merupakan cara paling baik.

Produk Susu

Susu merupakan sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D. Walaupun begitu, Anda harus tetap membatasi konsumsi susu ataupun produk olahan susu, yakni maksimal 2-3 porsi sehari. Sebagai tamabahan, sebaiknya Anda juga memilih produk susu rendah atau bebas lemak, aga rtidak banyak asam lambung yang diproduksi.

Minuman

Selain makanan, minuman juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh penderita maag. Cairan sangat penting bagi tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan dan melembutkan serat. Anda disarankan untuk minum sekitar 6-8 gelas air perhari. Air merupakan minuman utama yang berfungsi untuk mengisi ulang tubuh tanpa kalori tambahan. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman buah, minuman tanpa kafein, dan teh-teh herbal jika lambung masih bisa mentolerirnya. Namun, perlu diketahui, hindari konsumsi kopi, teh hitam, minuman bersoda, coklat panas, dan alkohol. Karena jenis minuman tersebut dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan pada lambung.

Itulah beberapa daftar makanan yang boleh di makan penderita maag. Dengan memperhatikan pola makan yang lebih sehat, maka Anda dapat mengurangi atau bahkan menghindari nyeri dan ketidaknyamanan akibat sakit lambung. Semoga bermanfaat.

Jangan Lewatkan : Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *