Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Makanan yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

makanan yang baik untuk perkembangan otak anak

Tiga tahun pertama kehidupan anak merupakan periode emas untuk pertumbuhan otaknya. Maka dari itu, berikanlah nutrisi terbaik untuk mendukung perkembangan otak anak sejak dini. Pada masa ini, otak anak akan berkembang dengan pesat dan sangat aktif menyerap berbagai informasi dari lingkungannya.

Berikanlah asupan makanan yang dapat menunjang pekerjaan otak anak yang sangat berat dan kompleks. Waktu makan bagi anak sama pentingnya seperti waktu belajar dan bermain.

Para ahli gizi telah meneliti dan menemukan daftar makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Makanan tersebut menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan dan penting untuk pertumbuhan anak. Makanan ini juga dapat mempengaruhi keterampilan kognitif dan perkembangan otak secara keseluruhan. Sarapan sangat penting, terutama untuk anak yang akan berangkat sekolah.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak :

Susu

Susu rendah lemak merupakan sumber protein yang sanga baik, mengandung vitamin D dan fosfor. Susu harus bunda masukkan kedalam daftar teratas makanan yang baik untuk anak, kecuali bagi anak yang memiliki intoleransi laktosa.

Baca Juga : Obat Sariawan Di Lidah Untuk Anak

Yoghurt

Yoghurt penuh lemak yang dapat membuat membran sel otak menjadi fleksibel. Hal ini akan membantu otak untuk mengirim dan menerima informasi lebih cepat. Bunda dapat memilih yoghurt rasa buah yang akan disukai oleh anak atau menyajikan yoghurt tawar dengan buah-buahan segar.

Telur

Telur kaya akan protein dan mengandung kolin, omega 3, seng, dan lutein yang dapat membantu anak untuk berkonsentrasi lebih baik. Telur dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti orak-arik mata sapi, dadar, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya. Dengan begitu, anak tidak akan mudah bosan dengan variasi dari telur tersebut.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat, sehingga akan dicerna lebih perlahan. Hal ini akan memberikan anak-anak energi yang sangat penting pada tahun-tahun pertumbuhan anak.

Ikan Salmon

Ikan yang mengandung lemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, EPA dan DHA yang keduanya sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak si kecil. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih memiliki kemampuan berpikir tajam. Menurut para ahli, walaupun tuna mengandung asam lemak omega 3, namun kandungan omega 3 di dalam ikan salmon lebih banyak dari pada ikan tuna. Tapi, ikan tuna juga tidak kalah baik untuk anak.

makanan yang baik untuk perkembangan otak anak

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, buncis, kubis, dan lain-lainnya kaya akan asam folat dan berbagai vitamin lainnya. Nutrisi tersebut penting untuk memperkuat memori dan mencegah demensia pada masa tua. Agar disukai oleh anak, bunda dapat menyajikan sayur dengan makanan lain, seperti bakso, telur, pizza, dan sebagainya.

Apel dan Buah Beri

Apel kaya akan serat larut yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, apel ini juga kaya akan antioksidan yang dapat memerangi penurunan kemampuan kognitif. Sedangkan buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry kaya akan antioksidan yang melindungi selubung sel saraf dari kerusakan. Bunda dapat mengkreasikan buah-buahan tersebut, sehingga disukai oleh si kecil.

Kacang dan Biji-bijian

Makanan ini kaya akan protein, asam lemak esensial, vtamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anak. Ada banyak pilihan yang dapat bunda sajikan untuk si kecil, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang merah, dan sebagainya.

Kembang Kol Ungu

Sayuran ini rendah lemak namun kaya akan serat, asam folat, serta vitamin B6 yang dapat membantu pengaturan emosi, memori, dan fokus.

Kunyit

Kunyit memiliki substansi yang disebut dengan curcumin yang dapat membuat otak tumbuh. Kurkumin dari kunyit juga bermanfaat untuk melawan peradangan dan pembentukan plak blok alzheimer. Kunyit yang dicampur dengan madu merupakan minuman obat tradisional yang sering disarankan oleh orang tua zaman dahulu untuk menajaga kesehatan anak.

Daging Rendah Lemak

Lemak dalam daging dapat menyimpan pestisida atau antibiotik yang biasanya ikut terserap ke dalam daging hewan. Maka dari itu, pilihlah daging yang memiliki sedikit lemak, karena zat-zat tersebut dapat berbahaya bagi otak.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *