Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Makanan Yang Dilarang Saat Menderita Radang Tenggorokan

Makanan Yang Dilarang Saat Menderita Radang Tenggorokan – Secara teori dan praktek, penyebab radang tenggorokan adalah infeksi karena virus, bakteri, adanya iritasi atau juga luka pada tenggorokan sehingga mengakibatkan peradangan. Penyebab paling serius pada radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga penderita baru bisa sembuh dengan bantuan antibiotik.

Umumnya, bakteri penyebab radang tenggorokan ini adalah jenis bakteri Streptokokus Pyogenes yang merupakan kelompok bakteri Streptokokus A. Bakteri ini tergolong bakteri yang sangat menular dan bahkan bisa menyebar melalui udara, yaitu disaat penderita bersin atau batuk, menyebar melalui makanan dan minuman atau benda yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Berbeda dengan virus yang tidak memerlukan antibiotik yang membuat virus akan semakin kebal. Virus dapat menghilang dengan sendirinya terutama jika penderita mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui Makanan yang baik Untuk Penderita Radang Tenggorokan.

Dan berikut ini adalah makanan yang harus dihindari oleh penderita Radang Tenggorokan :

Pantangan Makanan Saat Menderita Radang Tenggorokan

Agar penderita cepat sembuh dari radang tenggorokan, ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang bagi penderita radang tenggorokan, diantaranya adalah :

1. Makanan Pedas
Makanan dengan bahan cabe, pala, lada, cengkeh, merica serta rempah-rempah lainnya yang menimbulkan sensasi pedas harus dihindari untuk sementara. Karena makanan pedas akan memperparah kondisi yang anda derita. Hal ini karena makanan pedas akan menambah sensasi panas di tenggorokan. Berbeda dengan jahe yang walaupun memberikan sensasi hangat, tetapi mengandung anti-inflamasi.

2. Makanan Berlemak
Penderita juga harus menghindari makanan berlemak misalnya daging merah, susu berlemak tinggi, makanan yang digoreng atau makanan yang dipanggang. Makanan yang berlemak akan membuat badan susah mengolah, padahal saat sedang sakit dibutuhkan makanan yang mudah dicerna agar menjadi energi untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Makanan yang digoreng selalu kering dan kasar, sehingga tidak cocok untuk penderita sakit tenggorokan. Jika ingin mengonsumsi daging, pastikan dagingnya tanpa lemak seperti daging ikan, ayam atau kalkun. Untuk susu, bisa memilih susu yang rendah lemak.

3. Makanan Kering
Makanan kering juga harus dihindari mulai dari biscuit, gorengan atau makanan lainnya yang sulit untuk ditelan saat radang tenggorokan. Makanan yang dianjurkan adalah yang lunak dan lembut agar tenggorokan tidak semakin luka dan sakit.

Baca Juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan Anak Usia 1-5 Tahun

4. Makanan Kasar
Tekstur kasar pada makanan misalnya sayur metah, roti kering dan granola hanya akan memberikan sensasi gatal yang lebih parah pada penderita sakit tenggorokan. Makanan yang disarankan hanyalah yang lembut seperti keju, cream berbasis sup, yoghurt, es cream, telur, kentang tumbuk, sereal dll.

5. Makanan Asam
Penderita radang juga tidak boleh makan makanan asam seperti jeruk, tomat, jeruk limau dan juga lemon. Asam hanya akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga akan memperparah rasa sakit di tenggorokan. Pilih semua buah lain yang aman namun tetap tinggi vitamin C seperti pisan, kiwi, buah persik atau juga melon.

Itulah informasi lengkap tentang makanan dan minuman untuk sakit radang tenggorokan yang dianjurkan dan dilarang. Semoga bermanfaat terima kasih 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *