Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Obat Tradisional Untuk Nyeri Sendi Pada Kaki

Obat Tradisional Untuk Nyeri Sendi Pada Kaki – Nyeri sendi adalah penyakit yang sering mengganggu otot sendi. Penyakit ini merupakan gejala tunggal yang dapat mengganggu kinerja tubuh. Rasa nyeri pada sendi seringkali melemahkan tubuh, sehingga akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Penyakit nyeri sendi biasanya sangat rentan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, obesitas, melakukan gerakan berulang-ulang, dan tenaga fisik yang memadai seperti orang yang terlalu memaksakan diri untuk bekerja fisik terlalu berat setiap harinya.

Kurangnya kesadaran menjaga kesehatan persendian pun menjadi sebab banyaknya masyarakat mengalami nyeri sendi. Obat nyeri sendi tentunya sangat dibutuhkan untuk mengurangi gejala yang muncul. Gejala-gejala yang sering muncul diantaranya rasa nyeri pada persendian, bengkak, peradangan, tubuh tidak nyaman jika dipegang, dan sendi terasa sakit dan sulit untuk digerakan. Nyeri sendi biasa muncul di jari-jari tangan, kaki, bahu, siku, pinggul, dan lutut.

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa sakit nyeri sendi yang dialami diakibatkan karena rematik atau asam urat. Pendapat ini tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Rematik dan asam urat memang dapat menyebabkan nyeri sendi, tetapi rematik dan asam urat bukan penyebab utamanya. Misalnya saja rasa nyeri pada jari-jari tangan memang dapat disebabkan oleh rematik, tetapi trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan de Quervain lebih sering menjadi penyebab utama nyeri sendi di jari-jari tangan.

Nyeri Sendi Pada Kaki

Andapun akan mendapat yang berbeda lagi yaitu nyeri sendi pada kaki. Nyeri sendi pada kaki lebih disebabkan karena plantar fasciitis dan Achilles tendonitis. Nyeri Sendi yang disebabkan asam urat didapati hanya menyerang sendi pada pangkal ibu jari kaki. Plantar fasciitis menyebabkan rasa nyeri pada telapak kaki terutama saat anda bangun tidur di pagi hari. Sedangkan Achilles tendonitis menyebabkan rasa nyeri pada ujung belakang tumit. Kedua jenis penyakit ini merupakan penyakit rematik. Tentu rasa nyeri pada bagian sendi bahu, siku, pinggul, dan lutut juga disebabkan oleh penyebab yang juga berbeda. Obat nyeri sendi yang beredar di pasaran atau apotik juga sudah beraneka ragam, berbentuk kapsul, pil ataupun gel. Adapula obat nyeri sendi alami yang tentunya harus menjadi pilihan utama anda.

Pencegahan Nyeri Sendi

Sendi adalah penghubung tulang dengan tulang. Fungsi utama sendi adalah untuk merendam dan melindungi dari guncangan, hentakan pada tulang, dan juga untuk memudahkan gerakan kerangka. Penggunaan fungsi tulang yang berlebihan dan kurang memperhatikan perawatan kesehatan dapat memicu rasa sakit nyeri pada sendi. Rasa nyeri yang muncul pun dapat lebih nyeri jika terjadi peradangan. Oleh karena itu mencegah sejak dini dengan menjaga kesehatan persendian anda sejatinya  lebih baik daripada mengobati. Adapun jika sudah terlanjur mengalami nyeri sendi, mengobati sakit nyeri sesegera mungkin dengan obat nyeri sendi juga lebih baik guna mencegah sakit lebih parah.

Langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menjada kesehatan persendian adalah dengan melakukan diet seimbang. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi penting dan antioksidan. Nutrisi yang cukup dapat membantu sendi Anda untuk tetap sehat dan sekaligus menunda efek penuaan dini. Jika Anda sudah terlanjur menderita nyeri sendi, Anda bisa mencoba beberapa obat nyeri sendi alami yang dapat Anda racik sendiri. Tentu pengobatan nyeri sendi secara alami memiliki kelebihan tersendiri. Pengobatan alami tentunya lebih aman dikonsumsi dan juga lebih hemat di kantong.

Pengobatan Nyeri Sendi Pada Kaki Secara Tradisional

Pengobatan nyeri sendi secara alami dapat Anda lakukan dengan membuat racikan obat dari beberapa bahan herbal alami yang terdiri dari :

1. Kunyit
Obat Nyeri Sendi alami dari kunyit dapat anda racik dengan menyiapkan 4 jengkal kunyit, 1 sendok makan minyak sayur, dan 1 sendok teh lada hitam. Pertama-tama parutlah kunyit lalu peraslah airnya. Tampung air perasan kunyit di dalam gelas. Tumbuk lada hitam sampai halus, atau anda dapat menggunakan serbuk lada hitam kemasan. Masukkan bubuk lada hitam ke dalam gelas berisi air perasan kunyit dan tambahkan minyak sayur, aduk sampai bercampur. Penambahan minyak sayur berperan penting untuk meningkatkan asimilasi.

Adapun kunyit sebenarnya tidak hanya obat nyeri sendi yang ampuh mengurangi peradangan dan nyeri. Kunyit diketahui juga dapat meningkatkan kekuatan tulang rawan anda. Kunyit memiliki antiksidan tinggi yang dapat memperbaiki kerusakan oksidatif karena peradangan. Hal ini tentu penting karena tulang rawanberperan penting dalam melindungi sendi. Jika terjadi kerusakan bertahap pada tulang rawan, maka dapat menyebabkan nyeri sendi dan sakit punggung.

Menurut penelitian yang tertulis pada jurnal Phytotherapy, kunyit adalah obat anti-inflamasi yang efektif mengatasi rasa sakit ringan karena rheumatoid. Ramuan kunyit sebagai obat nyeri sendi alami telah teruji dapat menurunkan gejala nyeri sebesar 44% jika dikonsumsi secara rutin selama delapan minggu.

2. Jintan Hitam
Jintan hitam atau Habattusauda adalah tanaman obat nyeri sendi yang banyak mengandung flavonoid dan antioksidan yang efektif sebagai anti-inflamasi. Adapun kandungan asam salisilat pada jintan hitam adalah aspirin alamiah yang menjadikan jintan hitam ampuh sebagai analgesik dalam pengobatan nyeri sendi. Alternatif obat nyeri sendi alami juga dapat anda racik dengan bahan jintan hitam, dan air.

Ramuan jintan hitam untuk nyeri sendi cukup mudah dibuat. Rebuslah 2 sendok teh jintan hitam dengan menggunakan 300 ml air. Rebus jintan hitam hingga volume air berusia 200 ml, lalu angkat dan dinginkan. Konsumsi ramuan obat nyeri sendi dari jintan hitam ini secara rutin setiap malam sebelum tidur dan setiap pagi sesudah bangun tidur.

3. Teh Hijau Sencha
Teh hijau sencha juga telah terkenal ampuh sebagai obat nyeri sendi alami untuk redakan sakit nyeri sendi. Proses pembuatan dari teh sencha ini cukup unik. Daun Sencha yang telah selesai dipanen ditempatkan ke dalam ruangan beruap atau oven basah untuk beberapa waktu. Tujuan dari penguapan ini adalah untuk mengehentikan oksidasi sebelum akhirnya daun sencha di ranjang dan dikeringkan.

Teknik pembuatan teh sencha ini menjadi penjelas mengapa teh sencha memiliki kandungan antioksidan yang tinggi salah satunya adalah kandungan polifenol. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh daun sencha sukses menjadikan teh hijau sebagai anti-inflamasi yang mampu mengurangi nyeri pada sendi dan peradangan. Pada ahli herbal pun menyatakan bahwa setelah 2 hingga 3 jan mengonsumsi secangkir teh hijau sencha, aktivitas antioksidan akan meningkat. Tentu teh hijau sencha adalah obat nyeri sendi yang nikmat dan berkhasiat untuk dikonsumsi setiap hari.

Itulah beberapa cara pengobatan alami untuk nyeri sendi pada kaki dengan menggunakan obat tradisional yang dapat anda buat sendiri dirumah dengan memanfaatkan tanaman obat. Racikan tanaman obat di atas dapat anda coba untuk pencegahan dan pengobatan alami. Tetapi melakukan pemeriksaan ke dokter juga harus dilakukan untuk mendapat hasil yang lebih baik, atau bisa juga dengan mengkonsumsi Obat Herbal Nyeri Sendi Tanpa Bahan Kimia. Semoga bermanfaat dan pastkan anda terus menjaga kesehatan anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Terima kasih semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *