Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Penyakit Akibat Benjolan Di Leher yang Harus Diketahui

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, leher yang menjadi tumpuan kepala kita juga bisa mengalami berbagai gangguan serta masalah tertentu. Salah satu masalah yang dapat menyerang bagian leher adalah timbulnya benjolan. Sebagian orang mungkin pernah memiliki benjolan di leher yang bisa menimbulkan rasa nyeri atau tidak sama sekali ketika di pegang.

Benjolan yang timbul di leher bisa disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Benjolan pada leher tersebut bisa berukuran besar ataupun kecil, lunak atau keras, berbahaya ataupun tidak. Hal tersebut tetap saja merupakan sesuatu yang dapat menganggu penderitanya.

 

Penyakit Akibat Benjolan Di Leher yang Harus Diketahui

 

Benjolan yang timbul di leher merupakan sesuatu hal yang harus di waspadai. Walaupun benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun benjolan tersebut dapat menjadi gejala dari suatu penyakit tertentu. Terdapat beberapa penyakit yang harus diwaspadai, mengingat penyakit ini seringkali ditandai dengan adanya benjolan yang ada didaerah leher ataupun sekitar leher. Penyakit yang ditimbulkan dengan gejala benjolan di leher ini merupakan penyakit yang berbahaya ataupun tidak berbahaya.

Bebera penyakit yang kemungkinan timbul dengan ditandai oleh timbulnya benjolan di leher antaralain :

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakankelanjar getah bening ini biasanya terjadi ketika tubuh sedang mengalami beberapa infeksi. Benjolan akibat pembengkakan kelenjar getah bening ini dapat hilang atau kempes dengan sendirinya tampa bantuan pengobatan. Infeksi yang dapat menyebabkan bengkaknya getah bening diantaranya seperti infeksi tenggorokan, infeksi gigi, campak, TBC, autoimun atau lupus, serta sifilis.

  • Batu Di Kelenjar Ludah

Bahan kimia yang ada didalam air liur terkadang dapat mengendap dan mkemudian membentuk sebuah batu kecil yang dapat menyumbat aliran air liur ke dalam mulut. Kondisi seperti itu pada akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan pada leher sehingga terlihat sebagai benjolan yang ada di leher.

  • Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid biasanya tidak terlihat. Namun, akibat beberapa alasan tertentu, kelenjar tiroid ini dapat membengkaka dan pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya benjolan di leher yang sering kali disebut dengan penyakit gondok.

  • Pertumbuhan Kulit yang Berlebihan

Pertumbuhan kulit atau skin tag yang berlebihan merupakan suatu keadaan dimana kulit sering bergesekan dengan kulit dibagian lain atau bergesekan dengan pakaian, sehingga kulit ditumbuhi dengan daging-daging kecil yang berwarna kecoklatan yang mirip dengan kutil. Kondisi tersebut umum terjadi dan tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya, serta bis ahilang dengan sendirinya. Siapapun berisiko mengalami hal tersebut, terutama pada penderita diabetes, obesitas, wanita hamil, dan juga orang tua.

  • Kista

Ketika Anda menemukan adanya benjolan di leher, cobalan untuk memegang dan mengusapnya. Jika benjolan tersebut memiliki bentuk yang kecil, teraba seperti halnya sebuah kacang dan jika ditekan dapat bergeser ke bawah kulit, maka ada kemungkinan jika benjolan tersebut disebabakn karena kista jinak. Keberadaan kista jinak ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan, pasalnya ada kemungkinan jika benjolan tersebut dapat hilang dengan sendirinya tanpa bantuan pengobatan tertentu.

  • Kanker

Apabila Anda menjalankan gayahidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, maka Anda memiliki risiko tinggi untuk mengalami benjolan yang bersifat kanker. Umumnya, kanker yang timbul karena kebiasaan tidak sehat tersebut adalah kanker mulut, kanker tenggoroka, kanker pita suara, serta kanker lidah. Selain itu, benjolan pada bagian leher juga dapat menjadi tanda awal dari penyakit kanker darah putih atau leukemia, kanker payudara, atau kanker paru-paru. Risiko terkena kanker ini akan lebih tinggi pada seseorang yang berusia lebih dari 40 tahun atau diatas 40 tahun.

Baca Juga : Obat Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *