Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik

Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik – Penyakit Asam Lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Penyebab Naiknya Asam Lambung / GERD

Asam Lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam lambung dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Apabila LES mengalami kelonggaran dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi terbakar pada bagian dada atau nyeri ulu hati. Dan kita tidak akan nyaman saat mengonsumsi makanan. Mulut dan kerongkongan pun tidak nyaman. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan makanan. Perawatan serius akan diperlukan jika gejala GERD muncul secara terus menerus.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung :

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
  • Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada akibat asam lambung yang naik ke esofagus. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.

Selain gejala diatas, ada juga gejala-gejala lain yang mungkin sering anda rasakan terutama penderita asam lambung yang sudah parah. Diantaranya adalah :

  • Sakit dada.
  • Mengi.
  • Kesulitan dan nyeri saat menelan.
  • Gigi menjadi rusak.
  • Kembung dan bersendawa.
  • Bau napas tidak sedap.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.
  • Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  • Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau).
  • Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.

Baca Juga : Obat Herbal Asam Lambung Tanpa Efek Samping

Penyakit asam lambung ringan yang terjadi satu atau dua kali dalam sebulan biasanya tidak memerlukan intervensi dokter. Ini bisa diatasi dengan mengubah menu makanan dan mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran ketika gejalanya muncul. Namun untuk gejala yang lebih parah dan sering terjadi, dianjurkan untuk menemui dokter dan menanyakan tentang obat atau penanganan yang lebih tepat. Konsumsilah obat yang sesuai dengan dosis.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai artikel tentang penyebab dan gejala asam lambung naik . Selain itu, anda bisa melihat berbagai artikel kesehatan lainnya hanya di Khasiat Obat Tradisional. Semoga bermanfaat 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *