Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Perbedaan Asam Lambung dan Maag Yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Asam Lambung dan Maag Yang Perlu Anda Ketahui – Orang-orang biasanya mengkaitkan setiap keluhan di lambung dengan gastritis atau sakit maag. Padahal tidak setiap gangguan pada lambung disebut dengan maag. Oleh karena itu, anda harus mengetahui perbedaan asam lambung dan maag sangat penting bagi anda untuk mengetahuinya agar nantinya tidak salah dalam menanganinya.

Maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit. Penyebabnya bisa karena penderita memiliki pola makan yang buruk atau sebab lain. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total. Maag adalah penyakit yang “kambuh” jika si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau memakan makanan yang asam dan pedas secara berlebihan.

Sedangkan Asam Lambung atau GERD adalah kondisi adanya aliran balik dari sisi lambung ke kerongkongan yang mengakibatkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi. Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD, tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagus. Alur balik isi lambung ini juga dilaporkan bisa menyebabkan atypical syndrome (seperti asthma reflux) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit untuk diobati.

Gerd yang tidak memiliki penanganan yang baik dapat menyebabkan terjadinya komplikasi antara lain seperti penyempitan kerongkongan, pendarahan kerongkongan serta antara kondisi yang disebut Barrett’s esophagus (terjadi pembentukan jaringan pada dinding kerongkongan seperti yang ditemukan dalam usus). Jika hal itu, penyakit ini akan berhubungan dengan kanker kerongkongan. Faktor resiko seseorang untuk mengalami asam lambung adalah obesitas, tidur telentang setelah makan, merokok, alkohol, kopi dan stress. Kopi dengan sendirinya akan meningkatkan asam lambung, sama halnya dengan stress. Jika sesuatu yang salah terjadi pada otak, maka otak akan memerintahkan lambung untuk memproduksi asam lambung secara berlebih.

Baca Juga : Atasi Asam Lambung Kambuh Saat Puasa

Itulah Perbedaan Maag dan Asam Lambung yang harus anda ketahui , semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *