Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Rematik Di Usia Muda dan Cara Mengobatinya

Rematik Di Usia Muda dan Cara Mengobatinya – Penyakit yang menyerang persendian ini sering dianggap penyakit yang biasa saja atau lumrah sehingga banyak orang yang menyepelekan penyait ini tanpa pengobatan yang serius. Hal tersebut tiada lain karena penyakit rematik dianggap tidak berbahaya dan wajar jika diderita oleh orang tua.

Namun saat ini penyakit rematik tidak hanya diderita oleh orang tua saja, tapi juga bisa menyerang dewasa muda bahkan remaja. Rematik adalah salah satu penyakit radang sendi atau arthritis dari sekitar 100 jenis dengan gejala dan penyebab yang hampir sama.

Selain rematik ada juga osteoporosis dan osteoarthritis dan polimialga rematik yang banyak menyerang pada usia 40 tahun ke atas. Ada juga yang disebut lupus eritematosus yang menyerang keompok usia 20 sampai 50 tahun, terutama perempuan.

Dan yang perlu anda ketahui adalah rematik bisa menyebabkan kecacatan permanen pada bagian tubuh atau sendi yang terserang sehingga anda patut mewaspadainya dan mengobatinya dengan serius.

Penyebab Rematik Di Usia Muda

Penyebab Utama dari rematik snagatlah bervariasi akan tetapi umumnya penyakit ini disebabkan oleh masalah autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian.

Kondisi tersebut menyebabkan tulang rawan menjadi tipis dan terbentuknya tulang baru. Dengan adanya pertumbuhan tulang baru maka membuat penderita merasakan linu pada sendi serta sulit untuk digerakkan.

Selain adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh, rematik juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti : bekerja di lingkungan yang lembab, menggunakan baju basah akibat keringat atau kehujanan. Selain itu, kurangnya konsumsi kalsium juga bisa menjadi penyebab rematik di usia muda. Karena saat usia masih muda, tulang sangat membutuhkan kalsium untuk memperkuat persendian dan tulang itu sendiri.

Jika kekurangan kalsium maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan tulang dan persendian akibatnya terjadi gangguan yang menyebabkan tulang keropos sehingga timbul rasa nyeri. Obesitas atau berat badan yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya rematik di usia muda.

Gejala Rematik Di Usia Muda

Meski sama-sama menyerang persendian, gejala yang ditimbulkan tidak selalu sama pada setiap orang terutama orang tua dan anak muda.

Gejala rematik yang timbul pada orang tua berupa biasanya mengalami nyeri sendi persendian setelah beraktivitas, nyeri saat terjadi perubahan cuaca dari panas menjadi dingin, terjadi peradangan, dan hilangnya fleksibilitas sendi. Selain itu rematik yang terjadi pada orang tua juga akan menimbulkan sendi terlihat kemerahan dan terasa panas.

Jika rematik menyerang orang di usia muda, maka gejala yang timbul adalah sendi terasa kaku di pagi hari, bengkak tanpa sebab pada persendian, dan gerak terbatas.

Cara Mengatasi Rematik Di Usia Muda

Untuk mengatasi rematik di usia dini, sebaiknya hindari beberapa makanan atau minuman yang dapat memperparah gejala yang datang seperti : kangkung, jeroan, dan alkohol. Anda juga harus mengatur pola makan agar lebih sehat seperti mengonsumsi protein yang berasal dari ikan dan menghindari lemak dari sumber-sumber makanan hewani.

Seimbangkan antara aktivitas fisik dengan asupan makanan dan mengonsumsi gula secukupnya. Anda juga dapat mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid untuk meringankan rasa sakit pada sendi, namun yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh terus-terusan mengkonsumsi obat jenis ini karena bisa menimbulkan efek samping yaitu gangguan lambung sampai ginjal.

Dan untuk lebih aman, sebaiknya anda konsumsi obat rematik yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa efek samping.

Baca Juga : Obat Herbal Untuk Rematik

Itulah informasi tentang Rematik di Usia Muda dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bermanfaat. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *