Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Anemia

Tanaman Obat Herbal untuk Anemia memang banyak sekali macamnya. Dan hal tersebut dapat kita peroleh dari berbagai sumber makanan yang salah satunya adalah sayuran hijau yang kaya akan zat besi selaku penopang dalam pembentukan sel darah merah yang baru bagi tubuh kita. Anemia sendiri juga banyak disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, atau juga berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin dan juga diakibatkan oleh minuman keras dan rokok.

Hasil gambar untuk tanaman herbal untuk anemia

Dampak dari anemia dapat bervariasi, seperti contohnya sering pusing, pucat dan tubuh terasa lemas. Dan untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak langkah yang dapat anda lakukan, diantaranya:

  1. Anda harus cukup istirahat (jungan terlalu banyak begadang).
  2. Menjaga pola makan sehat seperti mengkonsumsi sayur dan daging, serta memperbanyak gerak dengan cara oleh raga atau minimal melakukan pelemasan otot setiap 2 jam sekali.

Untuk makanan, anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B dan Zat Besi. Contohnya buah dan sayur dari kacang-kacangan. Diantaranya: Jambu, Kedelai dan Kacang Tanah. Sedangkan untuk Sayur, kandungan zat besi terbanyak terdapat pada bayam, daun kacang panjang, dan pucuk daun singkong. Serta juga bisa menggunakan alternatif bahan herbal berupa jamu dari daun-daunan yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar.

1. Daun Katuk

Obat Herbal ini merupakan salah satu jenis sayur yang bisa dijadikan lalapan. Jika digunakan secara normal, daun katuk cukup ampuh untuk mengatasi anemia. Kandungan didalamnya terdapat senyawa berupa Protein, Vitamin K, Pro-vitamin A, Serat Kasar, Kalsium, Zat besi, Kalium, Magnesium, Fosfor, Vitamin B, Vitamin C. Dan dari kandungan tersebut juga terdapat zat besi yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan tentunya pencegahan serta mengobati anemia.

2. Bawang Putih

Mungkin anda tidak sadar bahwa bumbu dapur yang satu ini juga dapat mengobati anemia / kurang darah. Padahal dengan hanya menggunakannya sebagai rempah saja kita sudah cukup mendapatkan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan kita. Kandungan pada bawang putih berupa kalsium, vitamin C, Serat dan Karbohidrat serta Zat Besi.

3. Bunga Asoka

Kandungan senyawa kimia pada bunga ini diantaranya adalah : Hematoksilin, Zat Organik, Tanin, Zat Besi, Saponin, Flavonoid dan catachin. Fungsi dari bunga ini sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah dan juga membantu dalam pembentukan sel darah merah yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

4. Kubis/Kol

Sayuran ini banyak ditemukan di pasaran, beberapa gizi di dalamnya adalah Fosfor, Kalium, Kalsium, Natrium, Zat Besi, Vitamin A, B, C dan E. Serta zat lain yang bernama Glutation. Kubis bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dan juga tentunya terkait dengan pencegahan anemia.

5. Kunyit

Rimpang yang satu ini memang selalu ikut andil dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Selain memberi efek dingin dan mampu menurunkan demam, ternyata kunyit juga berpengaruh dalam mengobati anemia.

6.  Bayam

Sayur yang satu ini cukup baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan nutrisi pada bayam cukup untuk memenuhi kebutuhan janin. Beberapa nutrisi pada bayam adalah : Protein, Zat Besi, Kalsium, magnesium, Flavonoid, Vitamin A dan C, Asam Folat. Dan penopang lainnya juga terdapat zat besi yang bisa mencegah anemia atau kurang darah.

7. Kacang Panjang

Selain dikonsumsi buahnya, kacang panjang juga bisa dimakan daunnya sebagai sayur lalapan. Kandungan pada kacang panjang berupa Thiamin, Riboflavin, Zat Besi, Fosfor, Kalium, Vitamin C, Asam Folat, Magnesium, Mangan, Protein, Vitamin A, Kalori, Lemak. Natrium, Karbohidrat. Sangat baik untuk mengatasi anemia dan juga melancarkan sistem pencernaan.

8. Daun Ketela Pohon

Mungkin untuk sebagian orang sangat jarang mengkonsumsi sayur yang satu ini. Sayur ini dikenal dengan nama pucuk prancis (padang) dan umum dipakai sebagai sayur pada warung masakan padang. Daun ketela pohon ini mengandung Protein, Fosfor, Kalisum, Zat besi, Vitamin A dan C. Selain untuk anemia, daun ini juga sangat baik untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

9. Jagung

Buah pengganti bahan pokok nasi ini sangat umum dikenal oleh kalangan masyarakat. Sebab sudah banyak produk olahan yang berasal dari jagung. Contohnya popcorn dan juga dikonsumsi sebagai sayur dan jagung bakar. Kandungan nutrisi pada jagung berupa Air, Asam Folat, Ferrum, Fosfor, Kalori, Kalsium, Karbohidrat, Lemak, Tembaga, Seng, Selenium, Protein, Vitamin A , C, Zat Besi dan Vitamin B1. Cukup baik juga untuk mengurangi anemia.

Nah mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Anemia. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *