Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

khasiatobattradisional.com,- Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Meskipun bisa saja dialami oleh pria, namun penderita kanker payudara ini lebih banyak berasal dari kalangan wanita. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips cara mencegah kanker payudara sejak dini untuk menghindarinya.

Ketahui Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini Berikut Ini

Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara atau carcinoma Mamae merupakan salah satu jenis kanker ganas yang dapat tumbuh dalam jaringan payudara seperti saluran dan kelenjar susu serta jaringan lemak ataupun jaringan ikat pada payudara.

Meskipun termasuk kanker ganas, namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat diobati. Namun, alangkan baiknya jika kita lakukan pencegahan sebelum kanker payudara tersebut menyerang.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Selain itu, ada juga cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Berikut beberapa tips cara mencegah kanker payudara sejak dini :

Mengontrol Berat Badan

Menjaga dan mengontrol berat badan agar tidak mengalami obesitas merupakan tips pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Bahkan, beberapa jenis kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya juga dapat di cegah dengan mengatur berat badan. Wanita yang memiliki berat badan lebih dari 80 kg memiliki risiko 25% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal dibawah atau sekitar 60 kg. Namun, tidak semua obesitas dapat meningkatkan risiko kanke payudara. Obesitas atau peningkatan berat badan setelah menopauselah yang akan meningkatkan risiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan yangtidak obesitas setelah menopause.

Hindari Terapi Hormon Pasca Menopause

Terapi hormon pasca menopause tidak perlu diambil dalam jangka waktu yang panjang, penggunaan teraoi hormon sering dilakukan untuk mengatasi susah tidur, cepat marah. dan faktor lain yang disebabkan oleh menopause. Kombinasi terapi hormon estrogen dan progestin dapat meningkatkan risiko terkena kanker pada payudara. Disarankan agar tidak mengambil terapi hormon lebih dari 5 tahun. Maka dari itu, informasi lebih lanjut saran dokter selama melakukan terapi secara mendetil sangat diperlukan.

Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Hindari Alkohol dan Rokok

Jika memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya segera hentikan. Karena saat minum alkohol dapat meningkatkan hormon estrogen. Minum alkohol menyumbangkan risiko kanker payudara sebesar 70%. Sedangkan rokok telah diketahui dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai jensi penyakit berbahaya, termasuk kanker. Penelitian yang menghubungkan antara rokok dengankanker payudara memang masih sangat minim, belum ada penelitian konkrit mengenai hal ini. Namun, beberapa penelitiantelah menemukan bahwa kandungan zat kimia yang ada pada rokok sangat berkaitan dengan berbagai jenis kanker, sedangkan beberapa juga menemukan bahwa ASI pada ibu perokok juga dapat terkontaminasi.

Olahraga Teratur

Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Hal tersebut dikarenakan olahraga dapat menurunkan kadar hormon strogen yang dapat memicu terjadinya kanker payudara. Keefektivan olahraga dalam menurunkan risiko kanker bisa mencapai 6%. Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit minumal 3-4 kali dalam seminggu.

Artikel Terkait : Obat untuk Hilangkan Benjolan Di Payudara

Menyusui Jika Memungkinkan

Ternyata menyusui bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisiĀ  bagi si kecil, namun juga bisa memberikan manfaat bagi sang ibu. Memang belum banyak penelitian yang menghasilkan keterkaitan langsung antara menyusui terhadap kanker payudara. Namun, beberapa studi telah mengemukakan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko lebih kecil jika dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui. Alasan utama yang diklaim oleh para peneliti adalah keterkaitan antara aktivitas menyusui dengan kestabilan tingkat estrogen sehingga dapat memperkecil risiko.

Lakukan SADARI dan Periksa Secara Rutin

Membiasakan diri untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter setiap bulan merupakan suatu hal yang sangat baik. Selainke dokter, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri di rumah, seperti melakikan pemeriksaan SADARI atau periksa payudara sendiri untuk mendeteksi ada tidaknya masalah pada payudara. Teknik merupakan yangpaling banyak di lakukan orang Indonesia dan menjadi cara untuk mendeteksi kanker payudara. Tidak hanya itu, bagi yang berusia di atas 50 disarankan untuk melakukan screening atau pemeriksaan yang lebih rutin. Karena wanita yang berusia lebih dari 50 tahun memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi.

Beberapa tips cara mencegah kanker payudara sejak dini diatas bisa Anda ikuti sebagai upaya untuk menghindari penyakit kanker payudara. jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi untuk lebih mengoptimalkan upaya pencegahan terhadap kanker payudara yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *