Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Ikan Di Kaki

Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Ikan Di Kaki,- Bagi siapapun yang menderita mata ikan pasti akan merasa risih, malu, dan terganggu karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Bahkan tak jarang ada penderita yang sampai tidak bisa berjalan, sebab mata ikan dikakinta terasa sakit. Maka tak heran jika banyak mencari solusi untuk mengatasi dan mencegah mata ikan.

Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Ikan Di Kaki

Mata ikan merupakan penyakit sejensi kutil yang biasanya terjadi dibagian telapak kaki. Dalam kamus kedokteran, mata ikan dikenal dengan istilah Clavus, yaitu penebalan kulit karena tekanan dan gaya gesek yang sering terjadi.

Bentuk mata ikan menyerupai kerucut terbalik atau yang mengarah ke dalam kulit. Berbeda dengan kapalan, penumpukan kulit pada mata ikan ini memiliki pusat inti. Terdapat beberapa jenis mata ikan, antara lain, mata ikan keras, mata ikan lunak, dan mata ikan kecil.

Mata ikan seringkali timbul pada telapak kaki atau sela-sela jari. Dalam berbagai kasus, mata ikan dapat disebabkan karena penggunaan sepatu yang kurang sesuai. Selain itu, penggunaan sepatu dengan hak tinggi juga dapat memperburuk kondisi mata ikan, hal tersebut disebabkan karena tekanan pada jari-jari kaki yang membuat risiko pembengkakan menjadi lebih besar.

Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Ikan Di Kaki

Dimanapun letak mata ikan itu timbul, maka dapat menyebabkan rasa kurang nyaman dengan rasa sakit yang ditimbulkan setiap kali melangkah.

Tips Mencegah Mata Ikan Di Kaki

Meskipun telah dilakukan pengobatan, mata ikan di kaki dapat kembali lagi jika penyebabnya tidak dicegah. Maka dari itu, pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya dan hindarilah. Gunakan kaus kaki tebal untuk menahan tekanan pada kaki. Pastikan di kaus kaki tidak terdapat jahitan yang berpotensi dapat membuat gesekan. Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas. Pilihlah model sepatu yang memiliki bagian depan lebar dan alasnya memiliki bantalan empuk.

Selain itu, rutinlah mencuci kaki setiap hari menggunakan sabun dan gosok dengan sikat. Setelah itu oleskan krim khusus kaki agar tidak mengalami kekeringan.

Baca Juga : Obat Tradisional Untuk Perawatan Luka Gangren

Cara Mengatasi Mata Ikan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi mata ikan di kaki yaitu kunjungi dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencarikan penyebab terjadinya mata ikan. Penyebab yang paling sering dari mata ikan di telapak kaki yaitu penggunaan sepatu yang tidak benar, misalnya ukuran sepatu yang tidak pas, cara berjalan yang kurang benar, masalah kelainan bentuk jari kaki, masalah dengan postur tubuh, dan penggunaan sepatu hak tinggi yang berlebihan. Namun, mata ikan dapat kembali timbul jika tidak menghindari penyebabnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengatasi mata ikan di rumah tanpa bantuan dokter. Tapi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan antibiotik yang berfungsi untuk mencegah infeksi. Anda juga bisa membeli obat penghilang mata ikan di apotek, seperti penghilang mata ikan yang berupa plester yang ditempelkan langsung pada area mata ikan. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan mungkind apat membakar kulit. Agar kulit tidak sampai terbakar, baca cara pakainya dengan benar.

Tidak hanya itu, ada juga obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi mata ikan, salah satunya adalah batu apung. Cara menggunakannya cukup mudah, rendam kaki dengan menggunakan air hangat selama 5-10 menit. Tujuannya agar mata ikan menjadi lebh lunak. Setelah itu, gosok mata ikan di kaki dengan menggunakan batu apung untuk mengikis kulitnya. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga mata ikan hilang.

Nah, itulah beberapa tips mencegah dan mengatasi mata ikan di kaki yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *