Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Tips Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Dalam Tubuh

Ketika mendengar kata kolesterol, sebagian besar pikiran kita pasti terarah pada penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Pendapat tersebut semakin kuat dengan banyaknya iklan-iklan produk makanna yang memberi iming-iming “bebas kolesterol”. Ekspose secara berlebihan tersebut memberi kesan bahwa kolesterol merupakan musuh terbesar bagi kesehatan manusia.

Walaupun begitu, menurut Prof. MAde AStawan, ahli teknologi pangan dan gizi dari IPB menyatakan bahwa meskipun dianggap berbahaya, namun kolesterol tetap diperlukan oleh tubuh. Manusia rata-rata membutuhkan 1.100 miligram kolesterol perhari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain. Dari jumlah tersebut, 25-40% atau sekitar 200-300 mg secara normal berasal dari makanan, dan selebihnya disintesis oleh tubuh.

Ada dua jenis kolesterol yang mesti diamati, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat (LDL). Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Sedangkan, kadar kolesterol baik yang tinggi dalam darah sangat baik karena dapat menurunkan risiko untuk terkena penyakit jantung.

Tips Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Dalam Tubuh

Kolesterol baik dapat ditingkatkn jumlahnya melalui pengaturan pola makan dan gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh :

  • Memilih Lemak yang Tepat

Dengan mengganti produk lemak jenuh dengan lemak non jenuh, maka bukan hanya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), tapi juga dapat membantu meningaktakn kadar kolesterol baik (HDL), demikian saran dari The Food & Fitness Advisor dari Cornell University Center for Women’s Healthcare.

  • Konsumsi Jus Jeruk

Menurut penelitianskala kecil yang dilakukan di Inggris, mengonsumsi 3 cangkir jus jeruk setiap harinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 21% dalam waktu 3 minggu. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya efek dari buah dan sayur yang tinggi akan kandungan antioksidannya.

  • Kedelai

Kedelai memiliki manfaat yang lebih terhadap kesehatan jantung jika dibandingkan dengan produk protein yang berasal dari hewan. Produk dari kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah serta kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu, produk dari kedelai juga tinggi akan kandungan seratnya. Sebuah analisa menunjukkan bahwa protein dari kedelai dan isoflavonoid yang juga terdapat pada kedelai dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 3% dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 5%. Kedelai juga dapat menurunakn kadar LDL dan trigliserida meskipun dalam jumlah yang sedikit dan meningkatkan fungsi dari pembuluh darah.

  • Beban Glikemik

Beban glikemik adalah peringkat seberapa banyak kenaikan kadar gula dalam darah dari suatu makanan yang dikonsumsidalam jumlah standar. Kaitannya ternyata jika beban glikemik dalam makanan meningkat, maka kadar HDL akan menurun. Sejalan dengan hal tersebut, National Cholesterol Education Program (NCEP) melaporkan bahwa bila karbohidrat yangmasuk ke tubuh berasal dari gandum utuh, sayur, buahm dab produk susu rendah atau bebas lemak, maka jenis makanan tersebut memiliki beban glikemik yang rendah.

  • Konsumsi Alkohol Dalam Jumlah Cukup

Mengonsumsi alkoho dalam jumlah yang secukupnya (moderate) juga dikaitkand engan kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi. Alkohol juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang rendah, baik pada pria ataupun wanita. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa alkohol bersifat adikitif, sehingga berisiko untuk menimbulkan ketergantungan yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan lainnya.

  • Berhenti Merokok

Para ahli setuju bahwa dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat meningkatkan kadar koleterol baik dalam tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Menurut National Cholesterol Education Program (NCEP) mengalami kegemukan atau obesitas dapat menyebabkan kadar kolesterol baik (HDL) menjadi rendah dan menjadi salah satu penyebab rendahnhya HDL dalam tubuh.

  • Latihan Aerobik

Dengan melakukan latihan aerobik setidaknya 30 menit beberapa hari dalam seminggu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca Juga : Obat Tradisional Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *