Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Tips Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

Cedera ringan pada kaki mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang. Dan tentunya mereka yang mengalaminya akan langsung mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Namun, bagi para penderita diabetes, masalah yang terjadi pada kaki merupakan komplikasi yang sering terjadi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada kaki penderita diabetes yaitu luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh, infeksi bakteri atau jamur, dan paling parah adalah pembusukan jaringan sehingga perlu dilakukan amputasi.

tips-perawatan-kaki-bagi-penderita-diabetes

Untuk mencegah terjadinya masalah pada kaki penderita diabetes, maka langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mengendalikan kadar gula darah seoptimal mungkin dan berhenti merokok. Selain itu, penderita diabetes juga harus melakukan perawatan kaki secara rutin. Berikut ini beberapa tips perawatan kaki bagi penderita diabetes yang bisa dilakukan :

  • Pastikan Anda memeriksa kaki setiap malam sebelum tidur. Jika memiliki luka ringan, callouses, Anda bisa melakukan perawtan sesegera mungkin.
  • Meskipun Anda tidak bisa membungkuk akibat nyeri tubuh, namun penderita diabetes harus tetap melakukan perawatan kaki dengan meminta tolong pada seseorang untuk memperhatikan kaki penderita secara teratur.
  • Anda juga bisa menggunakan cermin kecil untuk melihat bagian bawah kaki guna memeriksa tanda-tanda lain yang ada.
  • Jika Anda melihat iritasi ringan atau kemerahan, luka kecil di kaki, Anda harus segera mengunjungi dokter.
  • Jika Anda mengalami luka atau luka bakar, segera bersihkan dengan gel antiseptik serta oleskan salep secepatnya.

Selain beberapa tips perawatan kaki bagi penderita diabetes tersebut, Anda juga harus rutin mencuci kaki dengan sabun dan air hangat. Keringkan kaki dengan benar hingga ke sela-sela jari agar tidak terinfeksi jamur. Oleskan pelembab untuk mencegah kulit kering, namun jangan oleskan pelembab pada sela-sela jari. Jangan merendam kaki, karena hal ini akan membuat kulit rusak, sehingga mudah terkena infeksi.

Perhatikan kaki Anda ketika mencuci atau mengoleskan pelembab, apakah terdapat bercak merah, kapalan, luka, kuku yang tumbuh menusuk jari kaki, kuku kunig dan rapuh, pembengkaka kaki, kult kaki pecah-pecah atau melepuh. Perhatikan juga warna kulit kaki yang menjadi biru atau hitam. Itu menandakan jika aliran darah yang buruk sehingga perlu penanganan segera.

Guntinglah kuku kaki setiap bulan dengan arah lurus, kikir ujung-ujung kuku yang tajam dengan pengikir kuku dan jangan menggunging kutikula kuku Anda.

Tidak hanya itu, selalu gunakan pula alas kaki yang nyaman, baik di dalam ataupun di luar rumah. Alas kaki harus pas agar tidak menyebabkan kaki lecet. Periksalah bagian dalam sepatu sebelum menggunakannya untuk memastikan tidak ada benda tajam yang dapat melukai kaki.

Selain melakukan perawatan kaki di rumah, penderita diabetes juga perlu memeriksakan kakinya ke dokter sambil memeriksakan kadar gula darahnya. Dokter akan memeriksa denyut nadi kaki, sensibilitas, dan kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada kaki Anda.

Semoga informasi tips perawatan kaki bagi penderita diabetes diatas bisa bermanfaat dan membantu para penderita diabetes agar senantiasa terhindar dari berbagai gangguan kulit akibat diabetes, terutama pada kaki.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *