Khasiat Obat Tradisional

Obat Tradisional yang aman tanpa efek samping

Waspada, Stroke Juga Bisa Menyerang pada Mata

Pada umumnya serangan stroke bisa terjadi karena penyumbatan darah di pembuluh darah dan biasanya terjadi pada area otak, sehingga stroke menjadi begitu membahayakan. Namun, selain itu, harus diketahui juga banwa stroke juga bisa menyerang pada mata.

Serangan stroke yang terjadi pada mata terjadi jika penyumbatan pembuluh darah tadi terjadi pada bagian mata. Terlebih lagi retina merupakan bagian dari saraf otak, hanya saja ia tidak berada dalam tengkorak kepala, melainkan menonjol ke luar, yaitu pada mata.

Waspada, Stroke Juga Bisa Menyerang pada Mata

Umumnya penyakit stroke mata menyerang mereka yang berusia diatas 50 tahun. Namun, pada masa sekarang ini, berbagai penyakit yang menjadi faktor risiko tinggi terkena stroke mata seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit kardiovaskular, tinggi kolesterol dan kelainan darah dan sebagainya telah menyerang usia muda sekitar 20 dan 30 an. Dan biasanya hal ini terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat.

Selain itu, faktor genetika juga menjadi salah satu faktor yang dapat berpengaruh, namun tidak terlalu tinggi seperti faktor risiko diatas.

Dalam acara Small Group Interview Gangguan Retina yang diadakan oleh Jakarta Eye Center di Jakarta, d. Elvioza, SpM (K) menyebutkan bahwa gejala stroke mata ini tidak ditandai dengan rasa sakit dan cenderung terjadi secara tiba-tiba. Kerusakan terjadi dengan menurunnya tajam penglihatan bahkan hingga terjadi kebutaan.

Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksakan kondisi mata sedni mungkin jika Anda termasuk orang yang memiliki faktor risiko yang telah disebutkan sebelumnya. Jika telah terken stroke mata, maka penanganan terbaik yang bisa dilakukan adalah terapi obat, laser, dan pembedahan. Dengan pengobatan tersebut biasanya penglihatan bisa kembali, namun tidak sejelas sebelumnya.

Baca Juga : 7 Khasiat Teh Kulit Pisang yang Tidak Banyak Diketahui

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya hindari membaca di ruangan yang tidak mendapat pencahayaan yang cukup atau membaca sambil tiduran, karena hal ini dapat membuat mata cepat lelah. Jangan menonton TV terlalu dekat, karena televisi memancarkans inar ultra violet yang bisa mengganggu kesehatan mata. Jarak normal menonton televisi adalah 7 kali lebar monitor televisi tersebut. Jangan mengusap atau menggosok mata terlalu keras. Usaplah mata dengan kain bersih atau tisu. Jika mata sering terasa gatal, berilah obat tetes mata. Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali agar dapat terkontrol dan jika terdapat kelainan dapat segera mendapatkan penanganan.

Hal lain yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit stroke mata adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk mata. Asupan ini bisa Anda dapatkan dari makanan yang mengandung lutein dan zaexanthin yang sangat bagus untuk mata. Sumber makanan yang mengandung zaexanthin diantaranya adalah sayur dan buah-buahan yang berwarna hijau, kuning, dan orange. Jika Anda tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi dari makanan tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung zat keduanya.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *